Kita Berbeda

Dalam tatanan sosial, prinsip equality atau egalitarianism adalah salah satu prinsip penting di jaman modern ini. Prinsip inilah yang jadi dasar pijakan demokrasi bahwa semua orang dianggap sama, punya hak yang sama (satu suara) dan tidak boleh dibeda-bedakan.Tidak boleh ada diskriminasi berdasarkan agama, ras, jenis kelamin atau apapun. Tidak ada kelas dalam masyarakat, tidak ada kasta seperti di India. Semua orang sama. Nice isn't it? :) Kamu mungkin akan berargumentasi bahwa hal diatas cuma dalam teori dan banyak praktek yang tidak sejalan dengan teori itu. Mungkin. Yang lucu, baru gue sadari, bahwa dalam tatanan pribadi, teori equality atau kesamaan itu bukan saja mungkin tidak dipraktekkan, tapi bahkan salah sama-sekali. We are totally differentiates people that are around us. We discriminate, there are no egalitarianism rationale when we are talking in the individual level.Coba kamu liat di sekeliling kamu ada siapa aja? Bukankah adalah sebuah kenyataan bahwa kita selalu meng-assign rating hubungan kita pada setiap orang? Kita mengkelas-kelaskan orang-orang disekeliling kita. Ada yang kita deket ada yang jauh, ada yang sahabat, ada yang kenal gitu-gitu aja.Temen, yang namanya temen, ada temen rumah, temen kantor, temen sekolah, temen lama, temennya temen, temen maen, temen blog, temen ceting dan seterusnya, dan seterusnya.Bahkan dalam kelompok yang namanya keluarga pun kita membuat kelas-kelas. Ada yang namanya ayah, ibu, adik, kakak, ISTRI, mertua, kakak ipar, adik ipar, paman, bibi, keponakan, keluarga deket, keluarga istri, keluarga jauh, keluarga jauh banget, keluarga ga kenal : Dan bukan saja kita membedakan dan membagi orang-orang di sekeliling kita pada kelompok-kelompok, kita juga memperlakukan mereka berbeda, kita mendiskriminasikan mereka berdasarkan kedalaman atau kedekatan mereka pada kita. Contohnya, gue cuma have sex sama istri gue aja (atau ama pacar gue dalam kasus lain) dan itu special, khusus gue bedain buat istri gue aja. Karena dia BEDA.
Gue cuma curhat sama temen gue si A dan B aja, bukan aja karena mereka emang enak di curhat-in tapi juga karena mereka yg paling tahu gue dan paling gue percaya, gue ga curhat ama orang lain lagi, misalnya. Dan seterusnya, dan seterusnya. Kalo rate-nya 1-10, maka si A buat gue adalah 8, si B 4, si C mungkin 6.5 dst. Kita bahkan bisa membuat All Time Top 10 List of the Most Important Person In My Life berdasarkan penilaian ini. Di jaman Internet, direct connection dan dunia-maya-everything-goes ini, social network seperti Friendster got it wrong. Bukan berapa banyak (kuantitas) temen di list kita (di dunia maya dan dunia nyata) yang penting, tapi justru berapa dalam dan berarti (kualitas) hubungan kita dengan temen-temen itu. Feature penting ini yang seharusnya ada dari awal di Friendster, fitur dimana kita bisa membeda-bedakan orang disekitar kita, me-rate orang berdasarkan tingkat penting tidaknya orang tersebut pada kita, dan kita pada orang itu. Karena kita ternyata memang membeda-bedakan orang walau bagaimanapun para pejuang persamaan hak ingin menyadarkan bahwa semua orang sama. Jangan percaya kalo ada yang bilang kita ini SAMA! Egalitarianisme adalah mitos di level individual. Kita masing-masing beda Namun sekarang Saatnya Lupakan semua perbedaaan bntuk suatu kekeluargaan sehingga kita bisa hidup selalu berdampingan dan mari kita berpegangan tangan menuju ke masa depan yang cerah.
Bersama Diakhir Semester 2008
Kebersamaan Adalah hal Terindah
>
Kebersamaan itu sesuatu yang berarti besar dalam hidup untuk menjadi besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Gue

Foto saya
Curup, BENGKULU, Indonesia
Saya Adalah saya dan saya takkan pernah mengubah diri saya menjadi dirimu apalagi harus menjadi seperti dirimu...... Saya Mengajar disalah satu SMA Negeri di Kabupaten Rejang Lebong, Suatu pekerjaan tidak akan sempurna tanpa rencana, namun rencana tampa pekerjaan hasinya NOL Besar

SC3

SC3
Smansa Curup Cycle Club

Tau diri dong


Ayo Buruan Gabung Disini :

Kamus

Kata kata Orang Bijak


koleksi cerpen & novel

>

Potret Kegiatan SMAN 1 Curup

Anda Pengunjung ke :

click here for free hit counter code

Pesan Singkat


Terimakasih

Effek Animasi gue

Template by - Alamkuduniaku - 2008 - layout4all